8 Tips Cara Sederhana Merawat Kaos Distro

8 Tips Cara Sederhana Merawat Kaos Distro
8 Tips Cara Sederhana Merawat Kaos Distro


Kaos distro memang salah satu kaos yang bisa memberikan rasa PEDE bagi pemakainya. Tentunya sebagai pemilik kaos distro, pasti kalian pengen dong kalau kaos kesayangan yang kalian pakai sehari-hari tetap awet dan tahan lama.

Memiliki kaos distro tentunya jadi sebuah kebanggan tersendiri bagi anak muda yang kekinian. Apalagi dengan logo, merek atau gambar yang ada di kaos tersebut melambangkan identitas diri, komunitas atau simbol pribadi tertentu. Alhasil waktu nongkrong bareng komunitas, level PEDE jadi meroket maksimal bro!!

Pasti banyak dari kalian yang biasanya nyuci baju di laundry kiloan. Iya kan? Selain hemat waktu, juga hasil laundry bakal wangi dan rapi jali karena include disetrika. Tapi yang nyuci kan nggak tahu kalau baju yang dia cuci itu sebenarnya adalah kaos distro kesayangan kalian bukan? Entah itu T-Shirt pemberian pacar kah, Polo Shirt yang baru beli minggu lalu, atau Kaos Raglan komunitas yang kece abis.

Kalau kalian beneran sayang banget sama kaos distro kalian dan nggak rela kalau baju “kebanggan” kalian dicuci sama orang lain, berikut tips sederhana merawat kaos distro. Cekidot!


1. Hindari Merendam Kaos Dalam Waktu yang Lama
Mencuci kaos distro dengan merendamnya terlalu lama akan berakibat warna kaos akan cepat memudar, meskipun sebenarnya merendam cucian itu sendiri akan mempermudah proses pencucian. Pilihlah deterjen yang sesuai untuk kaos distro yang tidak mengandung bahan pemutih dan pewangi.

Untuk kaos yang baru, disarankan untuk direndam kurang dari 30 menit. Untuk kaos yang sudah lama usahakan tidak melebihi 1 jam. Perhatikan juga takaran deterjen agar tidak terlalu banyak karena bisa marusak sablon. Jika tidak diperlukan proses perendaman dalam pencucian, usahakan kaos jangan direndam. Okeh? Lanjuut~


2. Pisahkan Kaos
Biasakan untuk memisahkan kaos distro dengan cucian lain. Apalagi kalau direndam jangan sampai bercampur dengan baju yang gampang luntur. Kan gak asik lagi kalau kaos distro kesayangan kalian jadi belang-belang kayak orang abis kerokan. Hehehe…

Oiya, kaos yang terlalu kotor dipisah juga yah. Biar kaos yang gak terlalu kotor terkena kotoran dari kaos yang terlalu kotor tadi. Jadi proses pencuciannya lebih mudah.


3. Jangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci
Jaman modern ini memang apa saja jadi serba praktis. Bahkan untuk urusan mencuci baju saja sudah ada mesinnya. Tinggal taruh baju, masukkan deterjen, pencet tombol. Selesai!

Tapi apa dengan begitu baju kesayangan kalian bakal awet? Masa sih benda kesayangan kalian dirawat sama mesin? Seharusnya kan dirawat sendiri secara langsung dengan sepenuh hati. *Asseekk!

Jadi begini brosist, mencuci dengan mesin cuci itu kurang baik apalagi untuk kaos distro. Kalau diperhatikan, cara mencuci mesin cuci itu adalah di”giling” alias diputar. Ada yang arah putarannya searah, ada juga yang bolak-balik tergantung merek dan tipe mesin cuci itu sendiri. 

Nggak kasian sama kaosnya jadi pusing diputer-puter gitu brosist? Hehehe… maksudnya nanti kaosnya cepat melar, sablonnya cepat rusak dan serat-serat kainnya jadi kasar. Duh, jangan deeh!!


4. Hindari Pemutih dan Pelembut Pakaian
BIG NO!! Jangan sekali-sekali menggunakan pemutih dan pelembut pada kaos distro kalian gaes!!

Why??

Pemutih dan pelembut mengandung bahan kimia yang bisa bikin sablon jadi mudah luntur dan terkelupas. Selain itu pemutih juga bisa bikin kaos jadi cepat tipis dan serat kainnya jadi kasar. Maksud hati biar kaos jadi lembut dan wangi, tapi malah jadi rusak. Rasanya seperti dikhianati kekasih pujaan hati. *ups


5. Jangan Disikat Saat Mencuci
Mencuci baju secara manual kayaknya nggak pas kalau nggak pakai sikat. Katanya. 

Tapi justru untuk kaos distro malah nggak bagus karena biasanya kain untuk kaos distro menggunakan bahan dasar dari katun. Menyikat kaos saat mencuci selain bisa merubah tekstur kain, sablon pada kaos bisa terkelupas. Cukup hati ini saja yang terkelupas bang… *eh

Jadi jangan disikat yah brosist, cukup dikucek aja tapi powernya jangan kelewatan yah, mentang-mentang lagi berantem sama doi malah dilampiasin ke kaos distro pas nyuci. Aduh jangan deh, kasian kaosnya.


6. Bila Ada Noda Pada Kaos

“Kalau nggak ada noda, ya nggak belajar”

Ada yang ingat tagline diatas? Kalau ingat, SELAMAT! MASA KECIL ANDA BAHAGIA!! Huehehe...

Back to topic, kalau baju kesayangan kalian terkena noda, segera cuci bagian yang terkena noda tersebut. Gunakan deterjen atau sampo dan dikucek pelan-pelan. Soalnya baju distro itu suka sama yang pelan-pelan… asal selamat, hehehe..


7. Cara Menjemur dan Penggunaan Hanger/Gantungan Baju
Sudah selesai mencuci, saatnya menjemur. Tips selanjutnya untuk menjemur kaos distro, usahakan bagian dalam baju yang menghadap keluar alias bajunya dibalik. Selain itu hindari penggunaan hanger atau gantungan baju. Kalian pastinya tahu betapa sakitnya kalau hati ini digantung, apalagi baju kan? *eh

Penggunaan hanger/gantungan bisa membuat bagian bahu dan leher kaos menjadi melar karena beban kaos yang basah mengandung air setelah dicuci akan menarik kaos kebawah. Hanger baru boleh digunakan kalau sudah kering atau untuk disimpan di dalam lemari. Setuju brosist??


8. Setrika Dengan Baik
Setrika kaos setelah benar-benar kering. Jangan sampai sablon terkena setrika karena bisa merusak sablon karena sablon kaos mudah lengket karena panas setrika. Tipsnya adalah dengan menyetrika bagian dalam kaos atau menggunakan perantara kertas saat menyetrika di bagian sablon.


Sekian tips cara merawat kaos distro kali ini, semoga dapat menjadi referensi untuk merawat kaos distro kesayangan kalian. Mengingat bahwa kaos distro mahal harganya, tentunya sangat disayangkan kalau perawatannya kurang baik sehingga cepat merusak kaos distro itu sendiri. Meskipun pabrik pembuat kaos menjamin dengan kualitas terbaik, tetap saja pemilik kaos yang harus merawatnya dengan baik agar selalu awet dan tahan lama.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah gunakan seperlunya saja. Seperti barang lain pada umumnya, umur kaos ditentukan oleh intensitas pemakaian dan seberapa sering dicuci karena akan terkena kotoran dan deterjen secara langsung.

Juga jangan digunakan saat tidur karena gesekan dengan kasur akan merusak sablon saat kalian tertidur. Esensi dari kaos distro adalah saat dipakai untuk hangout, bukan saat tidur brosist. Jadi kalau saat tidur pakai kaos yang biasa aja. Okay!


Demikianlah 8 Tips Cara Sederhana Merawat Kaos Distro, boleh di share bila bermanfaat.

Kaos distro, kaos polos, kaos polo, kaos oblong, kaos raglan, kaos anak, baju polo, kaos polo murah, kaos anak karakter,  kaos raglan polos

2 komentar:

  1. Wah kaosnya macam-macam
    lmayan jug aharganya hanya 110 ribu
    pilih2 lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harga polo shirt-nya 110ribu dan kaos oblong/T-Shirt hanya 95 ribu. Silakan kakak di order kaosnya :D

      Hapus

Komentar dengan nama Anonymous dan spam tidak akan ditampilkan